Tugas 4 PPL

Nama : Yohanes Teguh Ukur Ginting
NRP : 5025211179
Kelas : PPL A

Software application architecture merupakan suatu proses yang bertujuan untuk menetapkan struktur sebuah aplikasi yang mampu memenuhi segala kriteria teknis dan operasional, dengan memperhatikan aspek kualitas seperti performa, keamanan, dan kemudahan pengelolaan. Dengan memiliki arsitektur perangkat lunak yang solid, potensi kegagalan yang dapat disebabkan oleh pengembang dapat diminimalisir. Lebih lanjut, arsitektur perangkat lunak yang baik juga dapat menyesuaikan diri dengan evolusi teknologi perangkat keras dan perangkat lunak, serta berbagai perubahan kebutuhan dan skenario pengguna yang mungkin terjadi seiring berjalannya waktu. Pada pertemuan keempat mata kuliah Perancangan Perangkat Lunak kali ini, kita diminta untuk mengamati/mencari informasi sebuah aplikasi kemudian menggambarkan bagaimana bentuk arsitekturnya. Referensi dapat dicari dari paperwork, jurnal, maupun dokumentasi aplikasi. Cari salah satu aplikasi, beri deskripsi, kemudian tautkan bentuk arsitekturnya lalu terangkan masing-masing tugas maupun tanggungjawabnya dari masing-masing komponen yang ada pada arsitektur perangkat lunak tersebut.

Jurnal Acuan

Berikut adalah jurnal yang saya jadikan sebagai referensi


Deskripsi Perangkat Lunak

Perangkat lunak e-learning merupakan produk teknologi informasi dan komunikasi yang digunakan untuk membantu proses belajar mengajar yang dinamis dan fleksibel antara guru dan siswa. Teknologi perangkat lunak yang pertama kali digunakan dalam pengembangan perangkat lunak e-learning berbentuk aplikasi web. Keunggulan teknologi ini karena kemudahan dalam pengembangan, instalasi, dan distribusi data. Seiring dengan kemajuan teknologi perangkat elektronika mobile/wireless, perangkat lunak e-learning diadaptasi ke teknologi ini yang dikena sebagai mobile learning. Kemampuan perangkat elektronika ini sama dengan komputer tunggal meskipun berbentuk lebih sederhana dibandingkan komputer tunggal. Permasalahan yang muncul ketika perangkat lunak e-learning beroperasi pada multi platform adalah program komputer dibuat berulang-ulang bergantung pada platform yang digunakan. Keadaan ini jelas akan mempengaruhi kualitas perangkat lunak e-learning. Pengembangan perangkat lunak berbasis komponen merupakan paradigma modern pengembangan perangkat lunak yang menghasilkan komponen perangkat lunak yang reusable (mudah digunakan ulang), berkualitas tinggi, dan hemat biaya. Pada pengembangan perangkat lunak komponen perangkat lunak akan dirakit di perangkat lunak yang membutuhkan. Fokus penelitian ini adalah mengembangkan perangkat lunak e-learning multi platform berbasis komponen yang berkualitas tinggi.

Arsitektur Sistem

Pada Arsitektur Diagram yang dibuat menampilkan bagaimana sistem akan bekerja dengan alur dan berhubungan dengan DB yang sudah dibuat

Use Case Model

Pada Use Case Model dimana menampilkan use case apa saja yang dapat dilakukan oleh admin, pegawai dan aplikasi lain


Comments

Popular posts from this blog

Tugas PPB 10

TUGAS PERTEMUAN 3 - PPB

TUGAS PERTEMUAN 2 - PPB